30 September 2011

FNDTY - WARRIORS


well, okay...just got a new album from old friend of mine. yup, beberapa hari yang lalu dipamerin sebuah album, mungkin EP kali ya lebih tepatnya? karena cuma terdiri dari 5 lagu. lagu yang dia buat sendiri, dan rekam sendiri (a.k.a Home Recording, seperti biasa deh si Fandy). Jadi, Fandy adalah teman lama gw di SMA, dulu dia adalah bassist sekaligus vokalis di band (labil) gw jaman SMA. Dan sekarang dia sedang bersekolah di Negeri Paman Sam sana (apa udah lulus ya?), dulu waktu masih gampang ketemu, beberapa kali gw di ajak untuk iseng-iseng masukin pola drum ke musik yang dia buat, pake software yang masi asing buat gw, Reason, karena gw lebih familiar dengan Fruity Loops yang agak lebih 'kuno' daripada Reason. FYI, dulu nama band saya -ehm ehm- Gebrak Batas. yeah Right! :))

Oke, setelah dia kasi link download albumnya ke gw, sempat mengendap beberapa hari di folder download karena ke-hectic-an kerjaan. Dan pas lagi beres-beres download folder, baru inget udah download albumnya dia, langsung masukin iTunes, langsung gw dengerin deh. Kebetulan waktu itu dia minta pendapat gw yang jujur tentang Recording dia (kalo baca, "maaf ya Fan komen gw waktu itu cuma 'bagus!'). Kesan pertama yang gw dapet adalah, yah, musiknya 'Fandy-banget'. Entah apa karakter yang gw rasain, tapi karena dulu sering diskusi pas lagi dengerin lagu bareng, jadi kaya udah 'kenal' musik yang suka nyangkut di kepala dia. Image yang kebayang pertama pas denger adalah gw ngebayangin dia pas lagi di mobil Honda City-nya sambil nunggu macet maghrib-maghrib dengerin At The Drive In yang album Arc Arsenal, trus ngikutin beat drumnya. Haha, entah kenapa yang kebayang adalah peristiwa kaya gitu. Karakter musik lo banget Fan, gampangnya, ada 3 atau 4 nada yang dijadiin pola dasar terus di ulang-ulang terus sampe selesai. Dan biasanya pola itu ada di suara dengan pitch rendah. Electronica ala Hot Chip atau Four Tet dicampur Prog-Rock At The Drive In atau Mars Volta. Entah menurut lo nyambung apa ngga, tapi kesan pertama yang gw tangkep...yaaa...gitu :D

Anyway, mungkin penilaian gw akan lebih enak kalau gw komen per track aja yah, gini :

  • Recordingnya dan mixingnya seperti yang dia bilang, terasa lebih mateng, professional, dan ga kedengeran seperti Home Recording. Cuma, kalau gw pribadi agak kurang sreg dengan penempatan backing vokal di Delicate, suara vokalnya agak terlalu ke belakang, terutama pas di reff. Entah sih, apa karena gw cuma denger pake speaker, gak pake headphone/earphone, tapi di speaker gw yang kedengeran ada samar-samar suara 2. Ini sebenernya suara di double apa ngga sih ya? Apa gw salah denger? hehe.
  • Track In The Night, menurut gw dan berdasarkan selera gw, sedikit minusnya. Terdengar cukup pas. Pemilihan instrumen sejak dari awal, dan sound-sound yang lain, bisa langsung menghentak jadi pembuka, kesan yang di dapat 'dark-and-driving'. Dan ini salah satu Track yang 'Fandy-banget', pemilihan kord yang...apa ya istilahnya? abu-abu? haha, istilah apa pula itu! Dan favorit gw adalah bagian fill snare drum yang sifatnya 'pemutus-kebosanan', dari awal digempur dengan birama 12/8 pola half-time feel, dan drumnya penuh dengan suara floor tom, tiba-tiba ada 4 bar fill snare drum pindah ke birama 4/4, dan langsung masuk ke Reff. Rasanya seperti ada jeda sesaat untuk tarik nafas sejenak, dan hajar lagi! satu yang ganjel, ending! setelah cukup panjang dibangun oleh arrpegio keyboard, tiba-tiba lagu selesai 'begitu-aja'. Agak kurang berkesan buat gw sih endingnya.
  • Untuk Track Delicate selain mixing seperti yang gw jabarkan di atas, sama seperti ending In The Night, agak kentang kalau diselesaiin begitu aja. Yang gw suka dari Track ini adalah, Track ini melodi utamanyanya bukan dimulai di beat 1, tapi di up beat 1. It's cool :)
  • Pemilihan warna suara cukup kaya. Seperti di Track Never Die, pas menit 2:00, mulai distorsi, ada melodi di latar yang muncul, semacam keyboard yah? Tapi gw suka pemilihan suara alat di sini. Dan masih di Track yang sama, endingnya cukup...'berkesan', haha.
  • Di Track Home Now, gw suka progresivitas dari ritmik instrumen yang muncul paling awal di Track ini. Awalnya kedengeran monoton, tapi seiring berjalannya lagu, pola ritmiknya sedikit-sedikit dikembangin, dan menurut gw pola ritmik yang 'bandel' ini yang jadi karakter utama Track ini. Dan pas masuk coda, makin 'bandel' aja nih mainin ritmiknya, tapi tetep gak keluar dari jalurnya. Sebenernya di tengah-tengah Track gw mengharapkan ada sesuatu yang baru, semacam lick pendek dari instrumen yang ada. Karena ini Track instrumental, sepertinya lebih baik ada sedikit lick untuk ngasi sedikit variasi warna. Tulang punggungya udah bagus, yang tadi gw bilang, main ritmik, tapi kurang berwarna.
  • Pemilihan track The Wrong Cause, sebagai Track penutup, menurut gw cukup pas. Apalagi, kesan pertamanya dari Track ini seperti...hmmm...'rebuilding-setelah-deconstruct', gw gak nemu istilah yang pas. Tapi karakter lagunya, ini karakter 'Building', terutama di awal sampai masuk distorsi. Atau kalau dalam istilah Drum Corps, mungkin Tunenel Notes kali ya? Semacam masuk terowongan gelap yang panjang, awalnya gelap, jalan terus...ada titik cahaya di kejauhan, makin lama makin membesar, dan akhirnya...voila! end of the tunnel! langsung kebut sampai ke tujuan berikutnya deh! Btw, lagi-lagi ending, buat gw agak ganjel, mungkin lebih asik kalo Fade-Outnya agak dipanjangin...semacam masih ada sisa-sisa suara yang masih nempel.

Overall, dari skala 1 - 10, gw kasi nilai 7 untuk album ini. Karena cukup banyak eksplorasi sound yang dilakukan, juga eksplorasi ritmik, yang baik sekali untuk jadi tulang punggung tiap Track. Berhbung gw gak tau lirik dari tiap Track (selain Track instrumental) jadi gw cuma coba ngeliat dari sisi teknis aja. Dan itupun terhambat sama pengetahuan gw akan istilah-istilah teknisnya. haha. Tapi gw seneng punya temen yang bisa bikin musik yang bagus seperti ini. gw mau kasi sample Tracknya, boleh kan Fan? Kalo gak boleh nanti gw apus deh linknya...hehe...

cek In The Night disini :)

btw Fan, berhubung gw lagi gak main bikin lagu-lagu beginian, kalau lo baca, mau pamer, aransemen Battery Percussion gw yg iseng-iseng gw bikin, hehe...gw pake software Finale 2009

cek Beat Box disini :)






ps : lupa, gw juga agak ganjel dengan nama 'FNDTY', semacam nama Distro gitu yah! Kaya KW3 nya UNKL-347...haha...gw prefer nama asli lo Fan, Fandy Aditya, hehehe

No comments:

Post a Comment