24 February 2012

mana yang preman?

disini gw cuma akan sebut F aja karena bbrp hal, hehe...F merujuk ke sebuah kelompok (3 huruf kapital) yg sering dibilang melakukan kekerasan, yg hobi pake baju2 putih dan membawa atribut keagamaan. gak perlu IQ 200 utk tau siapa si F ini...hehe

akhir2 ini mulai rame lagi nih berita tentang F...haha, gak bosen2 yah. pas lagi heboh hashtag #IndonesiaTanpaF (or something like that...) banyak 'tokoh2' yg mungkin sedang jadi idola, entah itu penulis, budayawan, sutradara, komedian, selebritis, dll...semuanya seakan-akan satu suara, Anti F! lucu ya...dan yang lebih lucu (gw sih senyum2 sendiri kalo baca di timeline) banyak temen2 gw juga yg ikut2an retweet lah gerakan ini...hak mereka sih...

gw bukan pendukung F, tapi gw juga gak mau bilang anti F...labil? gak punya pendirian? silakan deh nilai sendiri...justru gw berpikir sebaliknya, jangan karena itu diberitakan, para 'tokoh' mendukung, dll...seakan2 ada gelombang anti F, gw ikut anti. Walaupun gw gak tau siapa yang bener dan salah, siapa yg berbohong, siapa yg memutar balikan fakta...siapa Batman dan siapa Jokernya?

kenapa batman? gw dan temen gw dulu suka nyebut F itu kaya Batman di film Dark Knight, got the point?



gw pernah baca beberapa hal tentang F yang mungkin gak di ekspos oleh media mainstream, antara lain :


  • F itu bergerak (atau dalam bahasa mainstreamnya : rusuh, ribut) cuma ketika ada pengaduan masyarakat. ya mereka melabelkan diri sebagai Pembela Islam, namun mereka bukan hanya bergerak karena semata-mata 'membela-Islam', know what i mean?
  • Kenapa masyarakat meminta F yg 'bertindak'? karena aparat hukum 'ompong'. jangan naif yah jadi orang indonesia. kita semua tau gimana bobroknya mental pejabat dan penegak hukum disini. skrg bayangin kalo di daerah rumah lo ada tempat perjudian dan beberapa klub malam, otomatis dong ada semacam kelompok preman disitu? dan jangan lupain pemuda/orang2/alay yg mungkin nongkrong2 mabok2an dll...lo mau lingkungan rumah lo kaya gitu? pulang malem, ditodong sama org mabok? nah warga yg resah ini, mengajukan keberatan ke aparat setempat...dan gak ada feedback (karena aparat disitu jelas udah dapet 'dana-operasional' dari 'keamanan' klub2 itu). ngadu lah mereka ke F ini.
  • F biasanya melakukan riset berbulan-bulan, monitoring daerah itu, liat lokasi, menempatkan beberapa 'mata2' yg rutin memantau daerah TKP (klub, tempat judi, dll). jadi gak asal sergap...
  • dan sambil melakukan pemantauan lokasi, biasanya juga dilakukan upaya 'diplomasi', seperti 'menekan' aparat utk menutup, memberikan peringatan...setau gw, mereka juga punya sistem kerja yg cukup sistematis. ada semacam SP 1, 2, 3 gitu lah...istilahnya, sebelum mereka 'tegas', mereka pake cara 'lembut' dulu...
  • biasanya mereka akan bertindak 'tegas' kalo emang daerah itu udah rawan kejahatan bgt, tapi gak ada tindakan apa2 dari pihak yg berwenang.
  • dari point2 di atas (kalau memang benar) si F ini sebenernya membela masyarakat yg khawatir lingkungannya 'rusak'. siapa sih yg mau? kalo lo jadi orang tua, lo mau anak remaja lo dateng ke tempat2 rawan gitu? karena semakin mudahnya akses untuk bisa berada di tempat seperti itu...gw sih gak rela anak gw jadi korban...
  • mirip Batman kan di dark knight? haha...di film itu juga diceritain bahwa keadaannya sama, polisi2 di gotham udah mandul...tapi kejahatan makin menggila. gak ada yg berani/peduli/mau bertindak...

entah gw juga gak bisa bilang/menjamin bahwa informasi2 di atas yg pernah gw baca itu bener apa ngga. ada yg bilang bahwa si F ini juga mirip lah, 'peliharaan' pejabat, politikus dll...sedangkan, di sisi lain yg sangat berbeda ada yg mengklaim bahwa mereka emang bener2 menjadikan diri mereka garda terdepan memberantas maksiat (seperti yg gw tulis di atas). yang pasti jangan naif, nelen gitu aja berita yg disajikan...tau sendiri kan tivi kita di indonesia kaya gimana? wartawan2 jaman sekarang kaya gimana? berat sebelah kayanya pemberitaan...gw emang salah satu maniak cerita2 dan teori2 konspirasi...dan gw sangat percaya ada think tank yg lagi menggerakan indonesia ke suatu arah...entah ke arah mana, tapi feeling gw bilang ke arah yg buruk...

dan kita tau lah gimana seremnya premanisme...bukan cuma sekedar alay2 yg nongkrong di pinggir jalan. preman2 yg udah jadi mafia, kelas kakap...macem (sebutin inisial aja ya, hehe) TomWin, JoK, Herc, BasSang, YorRaw, YapSur, dll...kalo pernah baca tentang mafia2 indonesia, pasti tau lah siapa2 mereka itu, duitnya berapa, dari bisnis judi ada yg bisa dapet sampe 500 milyar dalam semalam, ada yg tiap bulan ngasi 'upeti' ke jendr*l2 (mulai dari tingkat pols*k sampe polr*) besarnya mulai dari ratusan juta sebulan sampe milyaran yg berkedok 'dana operasional'...ada yg hobi motong jari tangan musuhnya, ada yg 'veteran' konflik Amb*n...dll...ngeri lah dengernya...ada juga yg bikin bisnis 'legal' debt collector, 'pengurusan' lahan parkir, dll...aparat keamanan di bawah ketiak mereka semua, mana ada yg berani? liat sendiri, barusan di tivi warkop ada berita terdakwa kasus abis disidang mau mukulin aparat yg jaga sidang...karena dia salah satu 'anaknya' salah satu mafia di atas...

ada salah satu berita yg bilang, bahwa cuma F yg berani ngelawan orang2 ini...dan gw baru tau, ketika rame hashtag anti F di twitter, ada kumpulan pemuda dari daerah tertentu yg menolak keberadaan F disana...dan ternyata ormas2 yg menolak itu, gak lain adalah 'anak2' dari para mafia ini...kita tau lah, beberapa stasiun tivi pemegang sahamnya beberapa politikus di partai2 tertentu...bahkan kayanya semua stasiun tivi deh...para pemrednya pasti ada yg kenal/dekat dgn org2 politik, koran juga gitu...sama aja...dan jangan salah, para bos mafia ini juga mainan politik, jadi gak heran kalo seakan2 media dan ormas2 (anak2 si bos) semua satu suara, anti F!

kenapa anti F? 
versi positive thingking gw ke F...karena F emang orang2 yg idealismenya gak bisa 'dibeli', kalo bahasa agamanya, orang2 zuhud...dan mereka org2 yg berani, dan beneran mau jihad menurut ajaran agama mereka...jadi ya pure, memberantas kemaksiatan...

versi negative thingking gw ke F...karena F ini sama aja pada dasarnya...'peliharaan' oknum2 tertentu...jadi antara F dan ormas2 lain itu kaya berebutan lahan bisnis...kalo F sampe makin besar jaringannya, bisnisnya bisa kerebut...


jadi inget twit taufik "i don't wanna live in this planet anymore", ngeri kalo ngebayangin atau merangkai konspirasi kaya gini...

teori konspirasi versi gw : 
semua berebut kekuasaan, para bos main politik, deket2 pejabat, bikin organisasi legal maupun ilegal, semua buat nyari duit...duitnya buat apa?  modal usaha, senang2, buat kampanye...kampanye buat apa? buat jadi penguasa...mungkin duit2 ini juga buat isi bensin kendaraan politik mereka, partai. bos dan anak buah senang karena dapet 'order', duit banyak, penguasa senang karena bisa lebih leluasa bagi2 'kue' kekuasaan, aparat senang dpt 'upeti' dengan menjaga si bos2...si F menghadang...malah diteriakin penjahat...diputar balikan secara halus, terorganisir, dan kasat mata...dibikin lah kasus ini itu utk menjerat pentolan2 F, supaya F mandul...F mandul = uang haram muter terus, kekuasaan aman. lingkaran setan.

teori konspirasi yg lebih mengerikan versi gw :
ada campur tangan barat...bukan rahasia lagi kalo penguasa orba, dekat sama bbrp pengusaha dan jendral yg hobi ngebantai orang...sang jendral antara lain L.B.Moerdan* dan Al* Moertop* 2 jendral inilah yg punya peran membantai PRR*/Permest* pada akhir tahun 50an...dan diangkat jadi tema GPMB 2010 berjudul Siluet 1956 (AHA! moment? hehe)...2 jendral ini adalah titipan CIA. pasti kenal juga sama Li*m Soe* L*ong, pengusaha jaman orba yg deket sama keluarga c*ndan*...si pengusaha ini juga gak lain adalah didikan CIA...mereka semua didik sama seorang Pater, Pater Beek...knp CIA? semua orang tau, barat (yahudi lebih tepatnya) paling takut sama 2 hal, komunisme dan Islam...komunis udah runtuh (kecuali China) di rusia ada revolusi bolshevik yg digerakan org2 Yahudi utk menggulingkan komunis...di indonesia, soekarno (yg berani ngata2in amerika) berhasil digulingkan (bbrp tahun sebelum digulingkan, dia merapat ke china merah, vietnam dan rusia dan memusuhi US) lewat antek CIA, soeharto, dengan kasus G30S...pas jadi presiden, pak harto make si bos2 ini sebagai beckingannya, 2 jendral LBM dan AM sebagai tangan kanannya, pengusaha LSL sebagai sumber duitnya...

komunis abis...tinggal 1 lagi belum...Islam. banyak lah jaman dulu kejadian 'membungkam' Islam, tragedi lampung, tanjung priok, yg banyak ustadz dan tokoh Islam dibantai, dilindes truk di priok...M.Natsir difitnah, Masyumi dibubarin, belum Abu Bakar Baasyir...sekarang si habib dari F kayanya sama nih...

teori konspirasi PALING mengerikan versi gw :
extended version teori sebelumnya. setelah ngabisin komunis, negara2 Islam mulai diincer...turki udah kena, Mustafa Kemal Attaturk dididik, lantas dia meruntuhkan sistem kekhalifahan di turki, turki jadi negara demokrasi kaya skrg. gerakan ikhwanul muslimin di mesir dibendung, dicap teroris, hasan al banna dihukum mati...di India Mirza Ghul*m Ahm*d dijadiin pemimpin Islam Ahm*diy*h (A), Islam dihancurkan dari dalem, walaupun  sedikit yg tau dia mati karena melakukan Mubahalah sama pemimpin Islam di India (waktu itu dia ngadain sumpah/perjanjian ekstrim -Mubahalah, yg berbohong akan dapet azab yg pedih- dalam waktu sebulan si Mirza ini ditemukan meninggal di WC karena muntaber dan semacamnya, bersimbah kotoran. sedangkan sang pemimpin Islam di India masih hidup sampai puluhan tahun setelah Mubahalah...silakan nilai sendiri)...

digerogotin pelan2...gak dilawan pake pedang, meriam, senjata dll...itu semua gagal karena Islam dikenal punya bond yg kuat antar pemeluknya...kerja otot dinilai gak mempan, dibikinlah cara 'halus'...lewat media, beasiswa2 ke barat, cendekiawan muda yg cenderung berpikiran moderat 'dipelihara', disekolahin ke US, 'dididik' dengan isme2 yg kita kenal skrg ini, balikin lagi ke negeri asal, sebarin paham2 baru ini dengan cara yg lebih 'segar' tidak konservatif...kalo disini mungkin kita punya Ul*l Absh*r Abd*ll* pentolan JIL. Islam Ahm*diy*h dibilang gpp, karena hak mereka untuk berbeda...dimudahkan jalannya lewat Gus Dur...

dan akhirnya kita sampai ke masa sekarang...dimana kita 'diajarin' bahwa "beragama itu yg peling penting hatinya"...men, lo beragama tapi gak pake ritual, agama itu butuh manifestasi dari keimanan lo itu...ada juga 'slogan' "urusin dulu urusan lo, baru orang lain. diri lo sendiri aja belum bener"...terus terang, gw agak terganggu dengan 'paham' itu...kalo peduli mah peduli aja, jangan dibilang munafik atau apalah, dibilang sok suci...gw liat orang jadi ngertinya 'main-aman' kalo bukan urusan dia ngapain gw ngurusin?! masa orang gak boleh peduli sih sama org lain? masa dirinya harus bener2, paling ngga, 'sempurna' sampe di atas 90% baru bisa ngurusin orang lain? kagak beres2 dong? kenapa gak sama2 ngebenerin? kenapa harus bener sendiri dulu? kenapa harus individualis dan gak komunal? gw ngerti kok, tentu aja 'ngebenerin' orng lain dengan cara yg santun juga sih...gak asal ikut campur...versi paranoid gw, dengan cara begini Islam dipatahkan...karena dari dulu Islam kuat di sistem komunalnya...sistem kekhalifahan, 1 pimpinan pusat dan semua bersaudara, satu sakit, semua sakit...ya semacam itu lah





kalo lo kenal gw, mungkin lo mencibir baca tulisan gw, salah satunya karena Budi ngapain sih sok2 nulis tentang Islam? solat aja ngga...hahaha...bebas, silakan aja...mau bilang gw paranoid? silakan...lebay? silakan...gw tau ini tulisan udah meleceng kemana2, buat yg baca silakan diambil sendiri lah intinya apa...gw bukan pembela F, tapi yg mau gw bilang, coba deh, pelajarin dulu apa2 yg mau lo omongin...yg gw tulis juga belum tentu bener, cuma gw pernah baca tentang hal2 di atas...ya siapa yg tau sih mana yg bener mana yg salah? gw cuma mau menawarkan perspektif yang mungkin sedikit berbeda buat kebanyakan orang...kadang kita terlalu naif, dan disini, kalimat "we believe what we want to believe" emang berlaku bgt, termasuk gw mungkin...berlaku juga mungkin buat beberapa orang yg udah terlanjur benci sama F, suatu saat mereka rame2 mencibir media di Indonesia karena gak mutu dll...tapi di saat yg lain, mereka setuju, sejalan sama media bahwa F itu geng perusak...mereka dengan polosnya 'mengiyakan' begitu saja pemberitaan (yg mungkin) berat sebelah...kalo ada hal yg bisa mengafirmasi pendapat kita, seringnya kita setuju gitu aja...dimana pikiran kritis kita yg dulu mengkontra pihak2 yg sekarang memberi afirmasi kepada kita?

entah deh...gak ada yg tau siapa yg bener siapa yg salah, siapa yg bohong, siapa yg jujur...tapi kalo emang si F itu pihak yg 'bener', ya jangan takut untuk nerusin jalannya...tapi mudah2an mereka mau pake cara2 yg lebih bijak, dan terstruktur dalam bertindak...







abis nulis ini gw tiba2 berasa pengen jadi Presiden...hahaha

No comments:

Post a Comment