13 February 2015

Liebster Blog Award

Jadi ceritanya lagi suka kumpulin macem-macem artikel dan simpen di Pocket, trus baca-bacain lagi isi Pocket, termasuk artikel/tulisan lama yg belum sempet dibaca, dan ternyata postingan ini ada di Pocket gw. Di tag dari agustus 2013, tapi baru liat lagi, telat ya hahaha, ya gapapa, trus random pengen ikutan lagi sekaligus bayar 'hutang'.



Anyway, thanks Del udah ngetag blog gw, gw gatau blog gw masuk kategori yang mana ya? haha

Orang-orang yang mau saya tag ini adalah orang-orang yang aktif nge-blog, saya suka tulisannya, dan blog-nya patut dikunjungi. Atau orang-orang yang udah sekian lama ngga nge-blog tapi selalu saya tunggu-tunggu tulisannya (maksudnya di-tag biar nulis lagi). Orang-orang dengan selera film yang menarik dan/atau orang-orang yang saya super penasaran jawabannya apa.

Untuk Liebster Blog Award sendiri (karena males googling) ini copas aja dari blog lo Del haha

 Liebster Blog Award merupakan sebuah apresiasi untuk Blogger yang patut dilirik, yang punya follower kurang dari 200. "Liebster" sendiri berasal dari bahasa Jerman yang artinya "favorit". Jadi, terjemahan Liebster Blog Award secara harfiah adalah "penghargaan untuk blog favorit"
Yes, followers gw cuma 7 orang hahaha, tapi kayaknya sih yang baca lebih dari 7 orang yang berbeda. Sedikit 'peraturan' dari Liebster Blog Award ini :

  1. Ungkapkan rasa terima kasih pada sang pemberi nominasi Liebster Award ini, dan jangan lupa gunakan link blog orang yang bersangkutan (Fidella Anandhita Savitri, disini)
  2. Cantumkan logo Liebster Award di postingan Anda
  3. Jawab 11 pertanyaan yang diajukan oleh orang yang menominasikan blog Anda
  4. Sebelumnya, tulis 11 fakta tentang diri Anda sendiri
  5. Siapkan 11 pertanyaan baru buatan Anda sendiri
  6. Kirimkan 11 pertanyaan baru tersebut ke 11 teman blogger pilihan Anda, jangan lupa cantumkan link teman-teman blogger Anda tersebut
  7. Jangan lupa beritahu sang blogger penerima Liebster Award
  8. Terakhir, jangan lupa tulis cara ikutan Liebster Award ini di postingan Anda
#####

Oke, mari menjawab 11 pertanyaan yang udah diberikan.

1.Pertanyaan paling mendasar tapi paling esensial : kenapa suka nonton film?
Karena menurut gw film itu sesuatu yang full package. Film yang tepat bisa memanjakan mata, telinga dan emosi kita. Bisa ngasih pelajaran dan insight baik secara eksplisit maupun implisit. Pokoknya paket lengkap, tapi yaaa, tergantung filmnya, temanya apa dan dikemas secara tepat apa ngga.

2.Adegan dari film apa yang paling menguras emosi saat nonton? Entah nangis seember, ketawa sampai 6 packs, marah sampai ke ubun-ubun, takut sampai ngga bisa tidur sebulan, bikin tercekat dan breathless, atau apa pun. Dan kenapa?
Sebenernya banyak sih, dan agak lupa ya. Tapi yang sampe sekarang masih inget adalah pas pertama kali nonton I'm Here. Gak punya ekspektasi apa-apa, film pendek cuma 30 menit, gak tau itu film tentang apa, cuma download karena yang bikin Spike Jonze. Pas nonton, bener-bener terenyuh pas adegan Sheldon ngasih tangannya ke Francesca pas mereka dateng ke konser, trus tangan Francesca putus. Trus mereka pegangan tangan, sambil liat Aska Mitsumiya di panggung nyanyi There Are Many of Us. Itu...bikin nangis. Kenapa? Karena gw emang anaknya gitu sih, suka gak kuat kalo liat yang unyu-unyu gitu (alesan cetek) hahaha, gapapa, suka aja lihat pengorbanan yang dikasih Sheldon, ditambah lagi kritikan halus bahwa mereka yg robot aja bisa lebih manusiawi dari manusia, and at some point, I feel like I can relate to that scene. Dan jangan lupa atmosfir lagu There Are Many of Us. Cantik.

3.Sebut 5 quotes favorit dalam film, dan film apa aja?
Big Fish. "A man tells his stories so many times that he becomes the stories. They live on after him, and in that way he becomes immortal".

The Secret Life of Walter Mitty. "Beautiful things don't ask for attention".

Inception. "What is the most resilient parasite? Bacteria? A virus? An intestinal worm? An idea. Resilient... highly contagious. Once an idea has taken hold of the brain it's almost impossible to eradicate. An idea that is fully formed - fully understood - that sticks; right in there somewhere".

Garden State. "You know that point in your life when you realize the house you grew up in isn't really your home anymore? All of a sudden even though you have some place where you put your shit, that idea of home is gone".

I'm Here. "I had a dream last night, and in my dream you needs that leg. And Everyone in the world was trying to give you that leg, though I really want you to have mine. And in my dream...you picked my leg, and I'd be so happy. And it was the best dream on history of dreams".

4.Film apa yang paling membekas, menginspirasi, mengubah hidup, dan bikin lo ngga memandang dunia dengan sama lagi? (lebay ya? Haha. Udah, jawab aja)
Gampang, buat gw, The Secret Life of Walter Mitty. About courage and willingness to take the risks.

5.Paling suka film-film dari negara mana? Kenapa?
Gak ada yang spesifik sih, asalkan ngerasa punya 'vibe' yang pas sama film itu, pasti suka sih.

6.Apa 3 film horor paling menyeramkan yang pernah ditonton?
Ju-on. The Grudge versi Jepang aslinya. Dulu nonton di kosan lama, malem minggu sendirian, kosan gak ada orang lain, lagi hujan gede, jam 12 malem, lampu kamar sengaja gw matiin. Tapi emang Ju-on bangke banget sih setannya. Apalagi yang mulutnya hancur trus ngerangkak turun tangga.

4bia. Adegan di pesawat tuh paling bangke lah. Nyebelin abis. Nonton siang-siang bolong aja nakutin banget.

Jelangkung. Iya, menurut gw ini film horor lokal paling serem, waktu horor lokal belom terkontaminasi oleh 'ramuan' Punjabi bersaudara yang sangat seksis dan mengumbar wanita seksi. Adegan suster ngesot dan jelangkung nempel di pojok lumayan bikin kebayang hampir sebulan lebih. Dan waktu itu gw nonton ini di studio cuma ada 4 orang plis.

7.Bayangkan lo dapet tugas ekspedisi ke luar angkasa selama 100 tahun dan cuma boleh pilih 1 film untuk menemani hari-hari lo selama di sana. Film apa yang bakal lo pilih? Apa alasannya?
Hmmm...sampe sekarang sih kayaknya The Secret Life of Walter Mitty. Karena menurut gw film itu sangat tonton-lagi-able (istilah apa ini haha). Selalu ada hal baru ketika nonton film itu.

8.Apa film guilty pleasure lo?
Transformers. Walopun banyak yang bilang jelek, gw murahan banget lah kalo udah nonton robot. Dan menurut gw desain robot di Transformers itu keren-keren. Boys will always be Boys, no?

9.Sebut 3 film masa kecil paling favorit?
Saint Seiya, Doraemon, Dragon Ball, hahaha. Fil-film RCTI di minggu pagi semua.

10.Lebih suka merhatiin scoring dalam film atau dialog tokohnya?
Hmmm, I see both the score and the dialogue (or the scene itself) as a whole package. Sejujurnya, gak pernah 'memisahkan' keduanya sih, gw selalu melihat semua aspek dalam setiap scene sebagai satu kesatuan. Bahkan tanpa score pun, suatu scene bisa sangat kuat, contohnya di No Country For Old Men, gak ada backsound lagu sama sekali sepanjang film, dan itu salah satu kekuatan filmnya. Atau macem di Batman : Dark Knight, di beberapa adegan Joker cuma diiringi sama suara cello yang 1 not tapi di bend terus semakin tinggi secara bertahap, itu bikin atmosfer semacem ngilu dan merinding. Jadi yaaa, gw lebih perhatikan bagaimana film itu disajikan sih, bukan hanya 'bumbu'nya aja.

11.Yang paling gampang dan 'standar' deh: apa genre film favorit?
Gampang sih, drama! Ha! Tapi bukan sekedar drama menye-menye, tapi yaaa yg lebih penting sih film yang punya 'depth', ada kedalamannya, terutama insightnya.

#####

11 fakta tentang diri gw :

1.Penggemar angka 5 dan kelipatannya. Mungkin karena gw lahir tangga 25 dan kalo di akar sama dengan 5 hahaha, alesan apa itu.

2.Beberapa luka/bekas luka di tubuh : di perut ada bekas luka bekas operasi. Di lutut kiri bagian dalam ada luka robek karena jatoh, dan robek sampe keliatan tulangnya waktu itu, segitu dalemnya. Di paha kiri ada luka robek juga, merosot jatuh waktu kecil lagi main manjat-manjat gundukan tanah yg tinggi, dulu robeknya panjang, hampir se paha kiri. Dan luka bekas patah di hidung, bolong, jatuh kena besi pinggiran pot.

3.In a constant love/hate thought about being a Cancer, hahaha. Suka sebel sendiri ketika lagi gabisa kontrol perasaan atau ngerasa insecure berlebihan. Tapi bersyukur juga karena (ngerasa punya) sifat compassionate, loving, nurturing. Seneng dan sebel karena sifat waspada, seneng dan sebel karena (ngerasa punya) intuisi yang kuat, seneng dan sebel karena kadang suka terlalu peka sama perubahan yg kecil sekalipun dari lingkungan sekitar.

4.Gasuka jadi mediocre. Pilihannya 100% atau 0%, no in between (walopun kayaknya cukup sering in between sih). Tapi lagi belajar untuk berdamai dan kompromi sama diri sendiri mengenai hal itu, karena gak semua hal ternyata bisa langsung dijalanin 100%. Dan lagi belajar ngerti bahwa gak 100% bukan berarti gak peduli/gak niat.

5.Orang yang sarkas. Apalagi kalo udah merasa dipojokkan.

6.Waktu kecil pengen jadi masinis. Gedean dikit, pengen jadi insinyur. Sekarang, setelah mengalami banyak hal, sepertinya gw memutuskan untuk mendedikasikan diri untuk jadi (some kind of) edukator, bukan karena ngerasa pinter, tapi lebih karena di masa lalu gw banyak membuat keputusan bodoh/ceroboh, dan gw gak pengen orang lain (terutama orang-orang yg berarti buat gw) melakukan kesalahan yg sama kayak yg pernah gw lakukan. Bentuknya seperti apa, belum ada bayangan yg terlalu spesifik.

7.Dari kecil sukanya mainan yg sifatnya dirakit, dibangun, disusun, bukan mainan yang udah 'jadi' kayak mobil2an. Karena gw ngerasanya mainan yang udah 'jadi'  kurang bisa mengakomodir imajinasi gw. Karena gw menikmati proses membuat-sesuatu, menikmati momen anjir-susah-banget-tapi-gw-harus-bisa, sampe akhirnya jadi, nah bentuk jadinya buatan tangan sendiri itu bisa jadi semacam 'piala' buat gw.

8.Pernah dilihat warna aura (entah bener apa ngga), yaitu putih (melambangkan ketulusan/kesucian niat dan kebaikan), ungu (kepemimpinan dan inspirasi), dan merah (semangat sekaligus amarah, some kind of burning desire kali ya)...ya katanya sih waktu itu definisinya gitu.

9.Punya semacam 'penjaga', beberapa yang bisa 'melihat' ada yang bilang sosoknya ular, ada yang bilang kakek-kakek. Beberapa tahun terakhir baru tahu kalo ini 'titipan' dari nenek moyang saya, yang ternyata makamnya sekarang dikeramatkan karena beliau adalah semacam tokoh masyarakat. Dan karena ada 'penjaga' inilah gw (katanya sih) termasuk orang yang kuat jiwanya, gak gampang untuk 'dimasukin' atau diganggu. Walopun gw juga takut sih sama makhluk halus haha.

10. Hate superficial shit.

11.I'm a nerd in everything I love, ha!

#####

Pertanyaan baru buat yang gw tag...hmmm bingung juga ya...ini deh :
1.Suka film genre apa?
2.Suatu film akan 'nyangkut' di diri lo kalo film itu.... (isi titik2)
3.5 Quotes favorit dalam film yang pernah ditonton?
4.Film apa yang paling bikin merasa relate-to? dan kenapa?
5.Paling gasuka film seperti apa?
6.Apa film Indonesia favorit?
7.3 lagu soundtrack terfavorit? dan kenapa?
8.3 film favorit, regardless of Oscar, Cannes or whatever?
9.Film apa yang paling membekas, menginspirasi, mengubah hidup, dan bikin lo ngga memandang dunia dengan sama lagi?
10.Film yang paling banyak kenangannya, kenapa?
11.Film terjelek yang pernah ditonton?

#####

Hmmm...kemudian tag ke blog siapa ya...bingung -___- ini aja deh ;
1.www.fidellaanandhita.blogspot.com (dibalikin hahaha)
2.http://twistmefun.tumblr.com/
3.http://anakmercon.tumblr.com/
4.http://els-bandaddict.blogspot.com/
5.http://thebirdandtheworms.blogspot.com/
6.http://tomtalksquint.tumblr.com/
7.http://boiledover.tumblr.com/
8.http://squarepantsbuzz.blogspot.com/
9.http://achakacha.blogspot.com/
10.http://parapapillon.tumblr.com/
11.http://shntshnt.blogspot.com/

#####

hahaha, lama juga yah bikin postingan ini, mana ditag agustus 2013 baru dibikin sekarang hahaha :))

No comments:

Post a Comment