18 July 2011

.:{Anak kecil dan bintang laut}:.

Pada suatu sore, seorang pria sedang berjalan-jalan di tepi pantai yang sepi. Lalu di kejauhan dia melihat seorang anak kecil yang bergerak dengan sangat licahnya kesana kemari. Dia melihat anak itu berlari sedikit ke suatu tempat, membungkuk, mengambil sesuatu, pergi ke laut, dan melemparkan benda yang baru di ambilnya ke arah laut. Anak itu terus melakukannya, sesekali ia tampak kelelahan, setelah beristirahat sejenak, anak itu kembali melakukan kegiatannya dengan penuh semangat. Membungkuk, mengambil sesuatu, berlari ke arah air dan melemparkan benda itu ke arah laut. Karena penasaran terhadap apa yang dilakukan anak itu, sang pria kemudian berjalan mendekati anak kecil itu.

Sang pria kemudian bertanya kepada anak itu, "Nak apa yang engkau lakukan sendirian disini? Berlari kesana kemari, apa yang engkau ambil itu?", sang anak kemudian dengan senyum yang sangat lebar menunjukan benda yang dia pegang kepada pria, ternyata seekor bintang laut. "Apa yang kau lakukan dengan bintang laut ini nak?", tanya sang pria. "Aku sedang membantu mereka untuk kembali ke laut pak!" jawab si anak dengan penuh senyuman bahagia. Dan serta merta, pria itu tertawa, sambil tertawa ia berkata "Nak, tahukah engkau bahwa pantai ini sangat panjang, dan lihatlah di sekeliling kita, mungkin ada ribuan bintang laut yang terdampar di pantai ini! Tidak mungkin engkau dapat menyelamatkan hidup semua bintang laut ini, dan tidak mungkin engkau bisa melakukan perubahan terhadap keadaan semua bintang laut disini nak! Janganlah engkau menyia-nyiakan waktumu disini nak!".

Seperti sebelumnya, anak itu hanya tersenyum dengan sopan mendengarkan perkataan pria tersebut dan dia terus melakukan apa yang sebelumnya dia lakukan, memungut bintang laut, dan melemparkannya kembali ke laut. Si pria hanya berdiri terpaku menatap anak kecil tersebut, tersenyum simpul sambil menggelengkan kepalanya. Setelah terlihat kelelahan, si anak kecil menghampiri sang pria, lalu berkata "Pak, jika aku tidak melakukan ini, mereka akan mati. Aku tahu yang aku lakukan tidak akan berdampak banyak, aku sadar aku tidak bisa menolong mereka semua". Setelah berkata itu, si anak memungut seekor bintang laut, menghampiri si pria, dan sambil tersenyum lebar ia menyodorkan bintang laut itu kehadapan sang pria lalu berkata "Aku akan membuat perubahan kecil pada lingkungan ini, sekaligus membuat perubahan besar pada hidup bintang laut ini". Dan anak tersebut melemparkan bintang laut yang sebelumnya dia pegang ke arah laut. Sambil menyentuh lengan pria itu dengan hangat, si anak berkata, "Pak, melakukan kebaikan yang kecil seperti ini memberikan kebahagiaan untukku. Dan sebaliknya, ketika aku tidak melakukan suatu hal yang seharusnya bisa aku lakukan dengan mudah, aku telah menjauhkan kebahagiaanku sendiri. Lagipula, mungkin itu adalah perubahan yang amat sangat kecil bagi kita, namun bagaimana bagi si bintang laut? Aku rasa usahaku adalah perubahan yang sangat besar bagi si bintang laut sendiri, karena dia bisa kembali lagi ke laut dan tetap hidup. Ketika bapak melihatku melakukan ini, aku hanya berharap bapak akan melakukan hal yang sama denganku, dan sepulang dari sini, bapak akan menceritakan yang aku lakukan ke keluarga dan teman-teman bapak, dan kemudian kita bersama-sama membantu menyelamatkan hidup bintang laut yang terdampar".

- kebaikan dan perubahan yang kecil, jika dilakukan dengan contoh, konsistensi dan kesabaran, akan membuahkan kebaikan dan perubahan yang lebih besar -

No comments:

Post a Comment