04 January 2013

Catatan dari Thailand #1 - Mandiri

Telat ngga bikin ini sekarang? ngga lah ya? Jadi sebenernya ini udah direncanain dari abis pulang dari Thai, tapi sempet sakit dan gak mood, abis itu udah mau GPMB, jadi yaaa, sekalian aja nunggu selesai momen GPMB selesai...beberapa alasan untuk perbandingan antara GPMB 2012 dan TIMBC. Akhirnya nunggu sampe sekarang, isi otak udah keburu sumpek karena dari kepikiran banyak hal mau ditulis, sampe akhirnya bingung...jadi gw memutuskan untuk bikin catatan ini secara bertahap aja, dan tema-nya tanpa urutan tertentu a.k.a random hehehe...

Gw tergelitik banget ngangkat tema ini setelah ikutan evaluasi brass kemarin. Dipicu sama kalimat2nya xxxx (sebut saja mawar hahaha) "gila ya anak2 ini, bahkan untuk berpikir pun kurang mandiri!".

Mandiri...ah ya...tema yg menarik untuk dicatat, dibahas, dan di 'benang-merah' kan dengan MBUI...

Yap, salah satu masalah yg gw lihat adalah kemandirian di masing2 player. Sebenernya setelah ngebahas ini, gw sendiri yg sempet ngasi komentar tentang hal ini di eval brass, jadi mikir(in) sebenernya di battery sendiri, gw udah berhasil belum sih numbuhin kemandirian itu? gw takut malah gw sendiri sebenernya belum berhasil dalam hal ini...

Tergelitik sama tulisan Rhenald Kasali di Kompas tentang rencana kurikulum pendidikan 2013 (buka dari HP jadi ga ngerti cara nge-link artikelnya kesini -___-), dia mempertanyakan 'produk' dari pendidikan Indonesia yg kebanyakan cuma menghasilkan 'penumpang' bukan 'pengemudi'. Just wondering, kalo diibaratkan proyek 2 tahun kemarin sebagai perjalanan misalnya, kira2 mayoritas penumpangnya seperti apa ya? Biasanya kan kalo di angkot kan penumpangnya macem2 tuh ya, ada yg ketiduran, ada yg asik sendiri asalkan sampe ke tempat tujuan, ada yg sibuk merhatiin perjalanan dan apa2 aja yg dilalui, ada yg mainan HP ngabisin waktu karena mungkin perjalanannya berasa membosankan, ada yg selalu tau beres aja sampe tiap hari lewat jalur yg sama tapi kalo disuruh bawa kendaraan sendiri lupa jalannya, dll...

Berawal dari pertanyaan dan bahasan mengenai MBIC, sebenernya buat apa MBIC? Ya, kita tau, buat nyari dana yg mungkin hasil akhirnya blm tercapai. Tapi buat gw, dibalik itu ada agenda yg lebih besar lagi buat kita. Melatih kemandirian mungkin. Di semua lini/unsur MBUI. Pengurus mandiri untuk melakukan sesuatu yg dibutuhkan untuk mencapai target berikutnya, mencari dana salah satunya. Pelatih dan PM mandiri untuk belajar menyusun sendiri materi yg saat itu sangat asing untuk bersinergi dengan tujuan pengurus. Pemain mandiri untuk meningkatkan kemampuan mereka bermain dan melatih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada mereka. Semuanya bersinergi untuk kesuksesan MBIC yang merupakan bentuk terbesar kemandirian yang kita lakukan bersama.

Kemandirian, di pasukan bukan cuma meningkatkan skill, tapi tanggung jawab...kalo lo tumbuh sebagai pemain yg mature dan matang, skill lo akan tumbuh dengan sendirinya. Pasukan itu fase awal untuk kita ngebangun MBUI. Semua pengurus dan pelatih dan PM awalnya adalah pasukan (mungkin kecuali Kanjeng Mamih, hahaha, tapi dia 'pasukan' di Litar dulu), dan biasanya ketika naik ke fase berikutnya (pengurus, pelatih, tim teknis, punya jabatan) kerjanya bagus, kemungkinan besar ketika menjadi pasuka dia adalah pasukan yang cemerlang. Silakan di Trackback ke belakang.

Tergelitik dengan beberapa pernyataan dan pertanyaan di evaluasi brass, yang intinya beberapa pemain bingung ketika MBIC harus melakukan apa? harus melatih apa? kalo ga ada yg ngedrill kebingungan sendiri dan jadi males, jadi latihan seadanya...buat gw, akhirnya terjawab salah satu pertanyaan, apa yang menjadi penyebab kurang meratanya skill di pasukan? kurangnya meratanya kemandirian.

Kurang mandiri -> kurang aktif -> kurang bertanggung jawab -> skill seadanya.

Mandiri yg sebutkan disini bukan mandiri yang 'mandi-sendiri', tapi termasuk (seperti kata si Mawar, haha) mandiri berpikir. yang berakibat, untuk berpikir saja kadang lo harus nunggu perintah.

Gw sebenernya kurang percaya dengan argumen "di MB kita terbiasa kerja dengan sistem komando, harus nunggu instruksi" oya? bukannya apa2, tapi gw sendiri dari dulu jadi pasukan, selalu berusaha untuk selalu mengikuti aturan main, tapi juga selalu berusaha untuk getting things done di section gw. Argumen itu buat gw termasuk bentuk ketidak mandirian berpikir. Berpikir kalo selalu banyak jalan menuju Roma #klasik, tapi bener. Memang ada kecenderungan itu adalah andil dari sistem yang dibangun juga (dengan kata lain ada tanggung jawab gw juga sebagai pelatih), yang menyebabkan kebanyakan pasukan 'malas-berpikir'.

Gw jujur jadi agak khawatir, pertama seperti yg tadi gw bilang, gimana dengan section yg gw pegang? apakah sama?

Ketakutan yang lebih besar adalah, gw takut di MBUI semakin banyak orang yang mentalnya seperti majikan. yap, mental majikan. majikan manja tepatnya...

"mbak, baju yang ini dimana? ambilin dong!"
"mbak, tolong beresin kamar dong!"
dan lainnya...

Daripada teriak2 nanyain baju yg mau lo pake, yg notabene itu kebutuhan lo sendiri, yg kalo bajunya gak siap lo sendiri yg malu, kenapa gak lo berusaha nyari sendiri? berusaha siapin sendiri? kebutuhan lo siap, si mbaknya juga bisa ngerjain kerjaan lain yg lebih penting, ngepel dan masak misalnya. Kebutuhan lo terpenuhi, rumah bersih, makanan siap...bahkan lebih oke kalo kita bantuin beres2 juga bukan?

"buat apa gw kerjain itu? toh pembantu gw kan emang dibayar untuk ngelakuin itu semua!"
bullshit, silakan lakukan itu dan tumbuh jadi orang yang punya tangan, kaki, otak...tapi kelakuan seperti orang 'cacat'. See the bigger picture please...

yep, jujur, gw benci itu, karena gw juga (dulu) seperti itu. mudah2an sekarang udah berkurang.

mental majikan. tau beres. rumah kotor, tinggal teriak minta bersihin. kadang gamau ikut ngebersihin, mungkin takut tangannya jadi kotor, mungkin emang orangnya yg ga sensitif. jadi males mikir, males kerja. lama kelamaan, otak jadi tumpul gabisa mikir, dan badan pun jadi kurang terampil. dan yang lebih mengerikan (sangat mungkin terjadi) hati dan perasaan lo jadi tumpul, karena pola pikir yang kaku dan gak mandiri. lo jadi kesulitan untuk mencoba berempati ke pembantu lo. yg mungkin jadi bikin lo kesulitan berempati ke orang lain juga. jd 'gak-berperasaan'.

Di balik itu semua, di balik ketidakmandirian beberapa unsur di MBUI, secara general, gw cukup bangga dengan pencapaian MBUI secara team...alhamdulillah, sampai ke akhir, kita bisa menyelesaikan MBIC, dan kita bisa tetap berangkat ke Thailand. dengan segala jatuh bangunnya, dengan segala ngototnya...walopun kita band mahasiswa, selalu kekurangan segala macem, kita masih punya orang2 mandiri yang ngotot, sampe akhirnya dengan susah payah kita bisa berangkat dan bisa dapet apresiasi yang sangat tinggi disana. alhamdulillah, gw bangga sama MBUI :)

Oiya, berhubungan sama mandiri ini...gw mau ngasi kredit ke salah satu orang yang menolong gw banget, selama proyek ini. Lebih tepatnya menolong battery banget. Staff gw, Wahyu. Dimana gw ngerasa ketampar-tampar banget ketika denger cerita dia jaman dulu pas cadets. cerita itu bener2 menggambarkan kemandirian dia, kedewasaan berpikir dia sebagai pemain, dan akhirnya bisa terlihat di kualitas dia sebagai pemain. Dan akhirnya secara kualitas permainan sekarang dia jauh lebih unggul dari gw. Ceritanya sederhana, dia cuma bilang gini :

"Dulu pas gw cadets pertama main snare gw pengen latihan sendiri di kosan, tapi gak punya stick. Mau beli stick mahal banget. Akhirnya gw nyari kayu sendiri, dan gw pahat/ukir sampe ngebentuk stick. Akhirnya gw punya stick, dan gw bisa latihan sendri. Terus si Kardjo ngeliat gitu, kasian sama gw, akhirnya gw dibeliin stick beneran deh"

Anyway, berhubungan sama kemandirian ini, sebenernya secara sistem yang disusun, gw udah ngeliat bahwa sistem ini sebenernya sangat bisa membentuk kemandirian setiap unsur di MBUI. Semua unsur! mungkin dalam pelaksanaannya, beberapa masih belum bisa stabil dalam menjalankan, dan kurang konsisten. Tapi gw percaya, kita sudah berada di jalur yang benar, hanya mungkin kita masih dalam perjalanan, belum sampai ke tujuan :)



No comments:

Post a Comment