11 January 2013

Ide mana ide?!

Jadi...seperti yang udah gw tulis di tulisan gw sebelumnya, selain lagi doyan-doyannya baca, gw nyoba-nyoba lagi untuk bikin musik. Untuk kegiatan iseng-iseng ini, gw sempet ngajak taufiq sama dedi kalo-kalo mereka punya ide.

Kalo dulu gw berpikir, kalo lagi mentok di proses kreatif gini, mungkin gw kehabisan ide. Tapi sekarang -entah kenapa- pandangan gw agak sedikit berubah. Lebih tepatnya gw mulai semakin menyadari suatu hal. Sepertinya gw bukan ga punya ide. Gw kurang kemampuan. Yeah, menyedihkan, tapi seperti itulah kayanya yang terjadi.

Gw makin sadar banget...bahwa...gw masih buta sama melodi. Lebih tepatnya gw masih buta bagaimana caranya menumpahkan ide yg ada di kepala ke dalam komposisi musik yang 'jadi'. Sometimes I end up ruin my works by make it more complex :( Jadi rumit karena tidak disengaja sih tepatnya. Bahkan jujur, dalam hal music composing gini gw bingung, harus mulai darimana? Melodi? Kord? Harmoni? atau apa? Ketika mau mulai dari melodi...oke sekali dua kali dapet ide melodi, tapi habis itu apa? gw belum ngerti cara ngembanginnya ternyata.

Ibarat gw mau bikin vas bunga dari tanah liat...gumpalan tanah liatnya udah ada...gw tau diputer, tapi baru deh mulai muncul pertanyaan-pertanyaan 'bonus', gimana supaya dia simetris? gimana supaya dia bisa naik ke atas dari bentuk gumpalan? gimana caranya cupaya tengahnya bolong? ya...gw mentok di hal-hal teknis :(

Ujung-ujungnya...gw browsing lagi, baca lagi teori-teori dasar musik...baca dari awal banget...

You always need persistence...

yep...malem ini akhirnya gw end up 'save as' aja musik yg lagi gw bikin. yep...gw sempet agak frustasi sedikit...lebih kepada karena gw merasa payah. Lebih karena ketika gw lagi semangat lari, tiba-tiba aja di kejauhan gw ngeliat tembok tinggi dan besar...yang gak mungkin dilompatin. "Oke temboknya masih jauh, gapapa", dan gw ngelanjutin lari ke arah tembok itu. Gw paksa lari terus. Dan akhirnya gw sampe di tembok itu. Dan...gw bingung harus apa...

Sepertinya gw harus rela lari balik lagi, ambil palu godam yg gede, lari balik ke tembok itu, dan bikin jalan di tembok itu. Lari menyusuri tembok? seberapa panjang temboknya gw gatau...atau bahkan sebenernya gw ada di dalam ruangan yang dibatasi tembok mungkin?

Yep...I always need persistence...

Yep, you must always press on even when you feel like quitting...

Dan randomly, gw inget nama band gw dulu...'Gebrak Batas'. Sabar Bud, pelan2, jangan diburu-buru sama imaji musik jadi di depan mata...

No comments:

Post a Comment