20 April 2012

Dear Perkusi :) (repost from FB notes - private)


Dear perkusi MBUI 2011-2012, dan alumni perkusi yang lain. Tulisan ini tulisan impulsif gw, gw pengen bikin surat buat kalian, dalam rangka apa? Gak dalam rangka apa2 kok, juga gak ada tujuan yang aneh2...sesimpel "ah gw mau nulis surat ah!". Gak usah bingung ya, gak usah bertanya2 kenapa dll...budaya di sekitar kita aja yg ngajarin kalo mau bikin sesuatu yg spesial/luar biasa/gak biasanya, harus ada sebuah momen, harus ada tanggal, dll...masa gw mau ungkapin perasaan aja mesti nunggu bbrp hari lagi? :)


Pas nulis ini, gw menempatkan diri gw sebagai teman kalian, bukan sebagai pelatih kalian, semoga pas baca kalian jg memposisikan diri di tempat yang sama yah, hehe.


Gw mau minta maaf sama kalian kalo selama ini gw masih kurang maksimal berfungsi sebagai fasilitator kalian di lapangan. Maaf kalo gw sering teriak2 atau marah2, atau ngeluarin kata2 yang seharusnya gak keluar dari mulut gw, mungkin itu akibat masih kurangnya kemampuan gw untuk ngendaliin emosi, atau akibat kurang bisanya gw ngatasin masalah2 di lapangan yg seharusnya bisa gw atasin. mungkin gw gak pernah bilang ini secara langsung ke kalian, tapi kalianlah yg bikin gw ngerasa malu untuk sakit, bikin gw semangat lagi untuk kembali nemenin kalian di lapangan, kalian yang bikin gw lebih open minded terhadap hal2 baru dan pelajaran baru supaya gw bisa bantu kalian untuk jd lbh baik...kalian bensin gw untuk selalu ngerjain kewajiban gw sebaik mungkin. Gw gak pernah ngmg secara langsung...mungkin karena gw malu, mungkin krn gw gengsian, atau mgkn gw khawatir gw gak bisa ngmg dengan lancar di depan kalian, hehe...makasih ya :)


Gw seneng ngeliat progress kalian di lapangan. "Tapi kan gw belum bisa main dengan baik!", whatever, gw tau kok yang harus kalian lakuin berat, yg harus kalian kuasain banyak dan gak mudah, tuntutannya tinggi, mungkin jauh lebih tinggi drpd pas dulu gw jadi pemain...apalagi kalian akan ngewakilin Indonesia. Kalian akan merepresentasikan Indonesia loooh...ayo bangga! Gak jarang loh bisa dapet kesempatan ini, gw aja belum pernah, dan gw amat sangat iri sebenernya sama kalian :( gak ada penyemangat yg lebih manjur di lapangan selain ngeliat ketika kalian belum bisa main, badan kecapekan, penuh keringet, tapi kalian mau ngelakuin lagi, lagi, lagi, lagi, lagi, lagi, lagi...dan lagi. Gw merasa terhormat banget loh setiap ngeliat kalian semangat di lapangan, terhormat banget dapet kesempatan membimbing kalian secara langsung di lapangan.


Temen2, gw memang dapet kesempatan untuk melatih di MBUI bukan pertama kalinya, ini (kalo gak salah itung) tahun ke 5-6 gw jadi pelatih. Tapi bukan berarti itu bikin gw jadi pelatih super, yg tau segalanya dan bisa ngatasin segala masalah. Karena semakin kesini, gw malah semakin ngerasa cupu, cupu karena makin sadar kalo kemampuan gw masi sangat kurang, gw masih mesti banyak belajar. Kaya yg tadi gw bilang, kalian punya andil bikin gw meng-upgrade lagi terus ilmu gw...yg sering terjadi, setelah di latihan ngeliat kalian yg kerja keras di lapangan walopun capek, pulang ke kosan gw berusaha belajar lagi hal2 yg mungkin di latihan berikutnya bisa gw share ke kalian. Dan semakin gw sering ngelakuin itu, semakin nagih rasanya...ilmu itu kadang mirip air asin yah, kaya air laut, semakin banyak minum semakin haus kita jadinya.


Yah, kalian bikin gw lebih open minded (gw gak tau apakah gw udah cukup open minded apa belum, hehe) seperti hal2 yg dulu gw anggap bener mungkin skrg udah gak terlalu relevan, atau bahkan mungkin salah. Dan sepertinya di proyek 2 tahun ini, gw mulai jadi penganut 'paham' "kalo jelek, kemungkinan besar itu kesalah manajemen dan sistem pelatihan". Kalian bikin gw melek terhadap kemungkinan bahwa gw sangat mungkin salah, bahwa masalah yang terjadi adalah karena gw sendiri, bukan kalian yg lemot atau apa. Kita pasti pernah denger istilah dari Descartes "Cogito Ergo Sum" (I think, therefore I am - aku berpikir, maka aku ada), dan berhubungan sama pembelajaran dan salah, ada lagi istilah yg mirip dari St. Augustine "Fallor Ergo Sum" (I err, therefore I am - aku salah, maka aku ada), hehehe. Kalian yg bikin gw semakin yakin, jangan takut salah...kalo salah, perbaikin! Jgn gengsi untuk ngaku bahwa gw salah...sekali lagi, makasih ya :)


Banyak yg nanya, "lu kok masi MB aja Bud?", "gak capek apa?", "buang2 waktu gak sih?", dll...selama ini, gw gak pernah ngerasa apa yg gw lakuin ini membuang waktu gw yg sangat berharga. Temen2 seumuran gw banyak yg udah berkeluarga, udah kerja dll, punya kehidupan yg sibuk, ada meeting ini, harus ketemu klien, sedikit2 ngeluarin HPnya, kirim email kesana kemari, dll...kadang ngeliat hal kaya gitu emang bikin 'goyah', pengen stop total, hidup 'normal', kerja kantoran lah, dll...gw masih ngelakuin ini semua karena gw ngikutin passion gw, gw sangat menikmati musik dan gw sangat menikmati pemandangan orang2 yg gigih mempelajari sesuatu...dan disini gw bisa dapet dua2nya. Makanya sebenernya tujuan hidup gw agak berubah, hehe, gw pengen ngajar. Bukan cuma ngajar MB ya...mungkin idealnya kaya Mbak Har atau Bang Marko. Mereka jadi pengajar, tapi mereka masih menikmati passion mereka di bidang kesenian. Tapi kalo gw ngeliat kalian di lapangan, gw yakin bahwa hal yg masih gw lakuin ini bukan buang2 waktu dan tenaga, gw yakin hal2 yg gw lakuin ini suatu saat pasti akan terbayarkan. Sekali lagi, makasih ya :)


Gw pernah tergila-gila untuk ngedapetin prestasi. Tapi makin kesini, gw pikir, gw gak berhak untuk 'menentukan'/menjudge bahwa gw lebih berhak dapet prestasi ketimbang orang lain. Karena gw/kita gak punya kuasa atas usaha yang orang/tim lain lakuin. Kalo emang mereka lebih gigih, lebih cerdas, dan lebih efektif, ya prestasi itu emang hak mereka. Gw gak punya kuasa atas orang lain, tapi gw punya kuasa atas diri gw sendiri untuk meng-upgrade kemampuan gw ngajar, nambah ilmu, dll. Kompetisi itu sebenernya udah berjalan sejak awal proyek ini, kompetisi itu kita jalanin tiap hari, bukan nanti pas bulan Juli di Thailand. Contoh gampang kompetisi yg kita jalanin tiap hari, budi yg jahat milih untuk matiin alarm di sabtu pagi dan tidur lagi, Budi yg baik ngotot untuk bangun-mandi-siap2-dtg latihan sengantuk apapun itu. We're not compete against others, we compete against ourselves. Gw minta maaf kalo gw belum terlalu baik untuk 'walk-my-talk', minta maaf kalo Budi jahat masih suka menang. Gw masi harus menguatkan Budi yg baik lagi.


Ngeliat kalian capek2an di lapangan itu jauh lebih nikmat dibanding nongkrong gak jelas, santai2. Yup di MB emang kita lebih sering berhadapan sama Intangible Assets, dan mungkin buat beberapa orang itu yg bikin sulit untuk bertahan. Ya tapi itulah konsekuensinya, kedengerannya sangat idealis ya? Kalo gw hanya 'mengandalkan' Tangible Assets  seperti uang, piala, jabatan, dll dari dulu mungkin gw udah berhenti. Jangan nyerah ya kawan2, kita sama2 lagi 'numpuk' aset buat kita sendiri, walaupun saat ini (mungkin sampai nanti) aset ini gak bisa kita indera, bukan berarti yg kita lakuin sekarang sia2, buang2 waktu dan tenaga. Itu yg bikin kita luar biasa, di saat kebanyakan orang lebih milih ngejar sesuatu yg bisa di indera, kita ngejar sesuatu yg mungkin belum bisa kita indera sekarang.


Kawan2, coba yuk kita lebih nikmatin apa yg kita lakuin. Mindfulness, karena waktu kita untuk ngelakuin itu mungkin tinggal bbrp bulan lagi sampe Juli. Mindfulness, ketika kita lagi latihan ajak semua diri kita ke tempat latihan. Diri loh yah, bukan cuma badan, atau cuma pikiran. Fullset, bawa semua yg kita punya ke latihan, nikamatin jam2 latihan yg capek itu. Gak susah kok, dan jgn mikir "enak apanya, alat gw berat tau!", ya selama kita mikir cuma capeknya doang...ya capek. Kalo kita bener2 'ada' di tempat latihan, kita akan nikmatin bahkan hal2 sekecil suara nafas ngos2an temen di sekitar kita. Interaksi sama sekeliling, jgn mikirin yg lain2 dulu (kecuali hal2 yg amat sangat penting dan darurat), karena kalo pikiran kemana2 kita gak bisa nikmatin waktu berharga kita di latihan. Kita kan udah 'ngebuang' (untuk sementara) waktu kita untuk belajar, santai, dll dgn latihan, kalo kita di latihan pikirannya kemana2, yaaa...waktu belajar, santai, dll ilang, di latihan jg gak dpt apa2 kan? Waktu yg dipake malah akan beneran kebuang (gak pake tanda kutip) kan? Support temen2 yg lain, kasih senyum kalo mereka keliatan kecapekan, nikmatin getaran stick di tangan ketika kita mukul, nikmatin panasnya lapangan hockey, nikmatin nafas kita yg ngos2an, nikmatin setiap ditegor/dipuji, nikmatin setiap butir keringet yg keluar, nikmatin setiap informasi/ilmu baru yg dikasi, nikmatin kehadiran temen2 di sekitar, nikmatin becandaan garing yg dikeluarin si A...nikmatin prosesnya, nikmatin kenikmatan menjalankan proses belajar sesuatu :)


Kalo kita bisa kaya gitu terus, kita akan bisa konsentrasi sama apa yg kita lakuin. Nanti di kampus lagi kuliah, ya dengerin, nikmatin suasana kelasnya, nikmatin ilmunya, jgn mikir kemana2, nikmatin bener2 saat2 dimana saat itu lo berada. Pas pulang kerumah, nikmatin cium tangan ke orang tua. Live in the moment, so we can life to the fullest. Yg gw maksud, bukannya semacam "jgn mikirin masa depan!" ya, hehehe. Beda jauh. Tapi bikin diri kita, semua, fullset, berada dimana kita berada saat itu. Belum tentu tahun depan kita bisa ngejalanin bareng2 lagi kan? Susah? Mungkin, tapi mungkin karena belum terbiasa. Gw jg masi membiasakan diri kok...hehe. Tapi percaya deh, ketika bisa nikmatin kebersamaan kita sama lingkungan kita, itu rasanya luar biasa! :D


hmmm, apalagi ya? Itu dulu kali ya, intinya sih, gw pengen terima kasih, gak perlu nunggu NAC kan? hehe...Gw sayang sama perkusi, ketika gw udah ngga cerewet lagi...hmmm, buat gw itu berbahaya, krn bisa jadi itu tandanya gw udah 'biasa' aja (duh jangan sampe deh...). Kalo sama orang yang kita sayang biasanya kita lebih gampang marah kan? Itu tandanya kita pake hati.


Kalo gw baca lg, cupu yah, isinya kebanyakan minta maaf aja :( duh, mudah2an kalian sabar deh ngadepin gw :) Maaf ya, kalo ini cuma gw sampein lewat tulisan, gw mgkn gak bisa ngmg langsung, pasti gw ngmgnya gugup dan terbata-bata deh :p Ini gak dalam rangka apa2 loh ya, ini bener2 impulsif banget deh nulis ginian...haha...sekali lg gw mau bilang makasih karena bikin gw tersanjung dapet kesempatan untuk nemenin kalian secara langsung di lapangan, it's an honor for me :) 


Happiness is not about having what you want. It is about wanting what you have


Sekarang kan kita 'punya' satu sama lain, jd harus semangat! Tetap semangat ya teman2 :) 

No comments:

Post a Comment