25 April 2012

Need of power

alert : gw tidak bermaksud menjelek-jelekan profesi tertentu, atau keadaan ekonomi suatu masyarakat :)

Beberapa kali gw pernah dibilang (dipuji sih...) sama della, bahwa gw adalah tipe orang yang mengerjakan sesuatu dengan passion. Mudah2an bener, amin. Kalo dipikir-pikir emang sih, kadang kalo ada sesuatu yg harus gw kerjain dan sebelum gw kerjain gw merasa gw akan ngerjain setengah-setangah, biasanya gak akan gw ambil. kecuali kalo mepet butuh duit


Gw bukan mau ngomongin tentang itu, tapi ketika mikir tentang itu, gw jadi inget beberapa kejadian yg gw alamin atau yg diceritain sama temen2 gw. Pernah gak merhatiin, kadang ada (sering) orang2 yang pekerjaannya 'membosankan' dan ketika ada suatu masalah (yg melibatkan dia dgn org lain secara tiba2) dia keliatan sangat membesar-besarkan masalah itu. Dan mohon maaf, biasanya ini dilakukan sama orang2 dari keluarga yg kurang mampu, atau pekerjaan 'bawah'...gak perlu gw jelasin, ngerti ya maksudnya

Sering banget gw denger cerita "anjrit bapak/mas2/ibu kost gw marah2in gw masa semalem!". Suka ada mas2 kosan yang rese, misalnya pager tutup jam 12 malem, tapi jam 11.30 dia udah marah2 heboh kalo ada tamu yg masih ngobrol. Atau contoh, ibu2 yg jaga kosan gw deh, dia gak jaga tiap saat (krn emang kosan gw gak ada penjaganya), tapi dia bersih2...dan itu JARANG BANGET! makanya kosan gw mirip kaya gudang kalo dari luar dan kumuh. tapi ketika ada anak kosan gw nyapu dari dalem keluar kamar, tiba2 aja dia nyamperin teriak marah2 "woy lo blablabla lo gak tau apa blablabla!". Gw jadi ngeliat orang2 ini kaya orang2 yg pengen punya power tapi disalurkan dengan cara yg kurang asik. Apakah hidup mereka sedemikian membosankannya makanya begitu ada flick dikit...ada sedikit 'kesempatan' untuk ngasi liat bahwa dia punya power, trus dia langsung ngeluarin semuanya membabi buta?

Sekali lagi gw mohon maaf, tapi pernah gak sih ngalamin hal2 yg nyebelin kaya lo lagi di jalan, dan lo lagi lewat jalan yg lingkungannya mungkin mayoritas masyarakat menengah ke bawah, trus ada yg ngadain acara, dia dengan seenaknya nutup jalan umum, suruh kendaraan lain muter balik. Gw pernah, di daerah cilandak, malem2 lagi lewat, entah ada acara apa, tiba2 aja di blokir, trus pas gw tanya "ada acara apa ya pak? jalannya di tutup?" gw nanya dengan pelan, dan dijawab dengan ketus "Udah gak usah nanya2! puter balik! gak bisa lewat sini!". Ya ampun...maaf ya, saat itu gw bener2 gak respek bgt. Jangan mentang2 lo melabelkan diri lo rakyat kecil, lo bisa seenaknya. Sama juga kejadian pas jalan depan kosan gw di beton, di rapiin. Pas ada mahasiswa yg mau lewat, bukannya dia ngasi tau baik2 malah kayak ngusir. Gw sama sekali gak menghina masyarakat yg biasa disebut 'orang kampung' di Jakarta, gw tau banyak kok 'orang kampung' ini yg sebenernya baik. Tapi yang kaya gini bikin gw gatel.

Satpam pusgiwa...kalo sering parkir motor disitu, pasti paham dan hafal deh mana satpam yg emang pada dasarnya orangnya ramah, mana yg jadi ramah ketika mahasiswa bayar Rp 1000 buat parkir, dan mana yg bayar/engga sama aja nggak ramah. Serius, bukannya gw pamrih atau apa untuk bilang makasih pak, tapi lama2 gondok juga kalo balikin tiket parkir di pusgiwa trus bilang "makasih pak" sambil senyum, trus dia diem aja, ngga ngeliat gak apa, mukanya cemberut aja. Gw inget pas shooting Kalea P, sempet mau ngetake di tempat parkiran motor pusgiwa, dan emang cuma mau ngetake doang. Tiba2 si bule bapaknya Kalea di tegor satpam, "gak ada nih shooting2 disini! Harus pake surat ijin!" sambil ngusir gitu, gak bisa banget apa dengan cara yg halus? dan gw inget banget sampai sekarang komentar bapaknya Kalea dengan logat bulenya, "Yaudah cuekin aja, kita pindah, biasa satpam gitu hidupnya membosankan, makanya ketika ada sedikit masalah dia seneng". Bener banget menurut gw...ketika ada sesuatu yg bisa dipermasalahkan dan itu bisa 'menegaskan' posisi mereka lebih 'unggul' mereka akan manfaatin itu.

Sejujurnya agak kesel sama kasihan sih sama orang2 yang kaya gini, (mohon maaf) orang2 yg mungkin rutinitas hariannya gitu2 aja, pengahasilannya rendah, ketika dia punya sedikit kesempatan untuk berada 'diatas' orang lain maka dia akan manfaatin sebaik mungkin. Kasian, menurut gw hidupnya gak berkah :( udah gak punya, tapi tabiatnya buruk. Kalo sopan mah sopan aja gak mandang status dll...Gw juga pasti respek banget kalo ngeliat orang yg susah payah kerjanya, atau membosankan tapi dia tetep sopan santun ngadepin orang lain...Contoh, kmrn abis nganter della di bandara, gw ke WC, lagi dibersihin sama seorang bapak2 tua, pas gw masuk gw nanya "pak toiletnya lagi dibersihin ya? bisa dipake?", dia jawab dengan sopan banget dan senyum "oh iya silakan mas, ati2 loh ini masi licin, ati2 ya..." sambil dia bilang ati2 itu, dia menghentikan pekerjaannya dia merhatiin gw jalan masuk ke toilet seakan-akan memastikan kalo gw baik2 aja (gak kepeleset), begitu gw masuk ke bilik baru dia lanjutin kerjaannya lagi. Pas gw keluar bilik pun lagi2 dia ngelakuin hal yg sama "ati2 loh mas jalannya...". Siapa yg gak seneng coba diperlakukan kaya gitu? Dan gw pun secara gak sadar jalan ati2 di pinggir banget, berusaha gak nginjek lantai yang baru dia pel. Gw rasa dia melihat pekerjaannya itu bukan dari gaji dan jabatan, tapi gw rasa dia sadar bahwa dia sebagai pembersih toilet di bandara punya peranan penting buat Indonesia...ya, buat orang asing yg ke Indonesia 'salam hangat' kaya gitu pasti impactnya cukup besar (terlepas dari emang secara fasilitasnya toiletnya busuk, hehe). he want to serve the community...gw rasa dia sadar akan hal itu...

Sayang ya, jaman sekarang kadang gw gatel juga kalo ngeliat demo selalu "blablabla (membela) Rakyat Kecil!". Nyatanya...kadang gw ngeliat yg disebut 'rakyat kecil' ini suka semena-mena juga sih sama org lain. 'rakyat kecil' bilang 'orang kaya' jgn pilih kasih...nyatanya masi banyak banget 'rakyat kecil' ini yg pilih kasih...satpam masi banyak yg kalo menghadapi atasan/tamu spesial sopannya gila2an...tapi giliran ada yg nanya jalan atau apa, judesnya minta ampun...gak tulus. sorry to say, kalo lo gak tulus ngerjain apa yg harus lo kerjain, ya wajar lah hidup lo kurang berkah. 'rakyat kecil' jg gak bisa seenaknya "gw anak kampung sini" dan abis itu bikin acara nutupin jalan sambil marah2 bawa kayu. Mreka sendiri gak bisa menghargai orang lain, yg dipikirin cuma duit...Mereka segitu terobsesinya sama power mungkin...atau mungkin mereka capek tiap hari jadi bahan pelampiasan power orang lain? entahlah...

Gw tau, mungkin gw gak pantes ngmg ini, karena gw sendiri belum pernah ngejalanin kehidupan seperti mereka. Bukan itu intinya, yg mau gw sampein, apapun posisi lo, hormatin lingkungan lo...susah emang sih...

setelah diceritain della ttg budaya kerja di Jepang, kangen juga ngeliat orang2 yang kerjain apapun dengan sungguh2 dan yang terpenting tulus...posisi di atas ataupun di bawah (jabatan) mereka tetep sopan, ramah, gak segan melayani orang lain...serendah apapun jabatan, dijalanin dengan passion...kalo dia tukang bersih2 WC, ya itu bentuk pengabdian dia ke masyarakat, bukan dianggap nasib. beda sama orang Indo yg dikit2 duit...sebenernya yg perlu dibenahin bukan cuma atasan2, pejabat dll...yg sering diprotes kelakuannya pejabat kan? tapi kenyataannya masih banyak banget 'kroco-kroco' yg sebenernya gak kalah kurang ajar...hobinya nyusahin dan bikin kesel orang lain...

pejabat gak bisa diandelin untuk menjalankan pemerintahan? emang sih...tapi apa rakyatnya bisa di andelin untuk sekedar menjaga ketertiban, ngantri, gak nyelak dan gak buang sampah sembarangan? saat ini (kebanyakan) 'orang kaya' dan 'rakyat kecil' di Indonesia belum bisa diandelin...

No comments:

Post a Comment