16 April 2012

what?

gw sebenernya pengen banget loh tau apakah skrg gw udah bisa lebih baik dalam mentransfer ilmu...

kalo ibaratnya pagelaran ini adalah puzzle, udah bisakah gw menjelaskan big picturenya dengan baik, efektif dan efisien? itulah kenapa setiap ada lagu baru, gw harus punya master/full scorenya. saat masing2 anak sibuk dengan part masing2, tugas gw adalah membantu mereka untuk memahami fungsi dari tiap not yang mereka mainkan...apa fungsi not tersebut dalam kanvas besar pagelaran ini

to teach them to sound good is hard...but the hardest part is to teach them how to play music...

kadang masih sangat terbawa emosi, kadang nada suara gw masih sangat tinggi...kadang di akhir latihan, gw bertanya-tanya, "bener gak sih yang gw lakuin tadi?". dan salah satu pertanyaan tersulit adalah "apakah mereka mau nurut sama gw karena gw pantas untuk diturutin? atau cuma karena jabatan gw sebagai pelatih mereka?". gw secara gak langsung 'mengekang' mereka loh..."lo sebaiknya blablabla...lo sebaiknya gak boleh blablabla..." dan gw takut hal2 ini bikin mereka dependen sama gw. kalo gak ada target dari gw, latihan seadanya. kalo gw gak dateng, latihan seadanya...

gw sempet sangat lemes pas dulu jaman drumbattle 2011, pas gw kecelakaan dan gak bisa dateng latihan, gw dapet laporan bahwa pas gak ada gw, latihan gak efektif, pemain kebanyakan duduk2, sedikit2 capek, gak tough...gw saat itu khawatir, jangan2 yang 'tertanam' di benak mereka itu sosok gw...bukan spirit gw :(

saat ini sebenernya yang pengen banget gw lihat adalah kenyamanan mereka ketika bermain...gimana mereka bisa menarik nafas secara bersamaan sesaat sebelum sebuah attack...gimana mereka bisa memberikan tatapan yang percaya diri...gimana mereka bisa saling memberikan pandangan 'ok, go!' yang penuh rasa percaya terhadap satu sama lain ketika bermain...itu yang saya butuhkan...itu yang kami butuhkan...



p.s. : saya minta maaf jika malam ini saya membentak-bentak kalian dan belum bisa memberikan pelajaran yang baik untuk kita. sesungguhnya, saya sayang kalian, mungkin luapan2 emosi saya hanyalah bentuk ekspresi yang kurang tepat dari keinginan saya untuk membantu mengeluarkan potensi terbaik kalian. maaf malam ini kalian harus menghadapi 'pembantu' kalian yang agak kurang ajar dan sedikit cranky . saya akan mencoba membantu dengan lebih baik lagi...btw mudah2an potongan kecil brownies dari saya tadi bisa membantu memberikan energi tambahan untuk kalian pada penampilan besok :)

No comments:

Post a Comment