02 February 2011

#1c Canggih

kenapa ya kita sering punya kehendak yang berlawanan pada saat yang bersamaan? yang kadang bikin kita ga konsisten. padahal kita cuma punya satu otak. dan katanya kita juga cuma punya satu jiwa, satu 'aku' di dalam tubuh kita.

kalo di liat2, sekilas jadi kaya smart phone yah? BlackBerry atau iPhone, atau smart phone yang lainnya. atau, PC/laptop?

seharusnya kalo asalnya dari satu 'aku' atau satu otak, (logikanya) seharusnya ga ada deh tuh yang namanya kehendak yang berlawanan. contohnya kaya di gw, gw tau dengan gw berhenti ngerokok, itu bagus. tapi kenapa rasanya susah ya? atau makanan fast food.

kenapa pikiran yang kadang bertolak belakang bisa muncul dari 1 kepala?

iya, jadi mirip sama laptop yah? kalo kita nyalain laptop, pas udah login ke OSnya, pasti kalo kita liat di activity monitor/task manager, sebenernya pada saat yang bersamaan tuh banyak aplikasi yang jalan pada saat itu. mungkin di OSnya sendiri ga bisa kita liat, tapi kalo kita coba buka 'dalemnya' (task manager) baru deh keliatan aplikasi apa aja yang sebenernya udah 'on' pas laptop dinyalain.

bedanya mungkin, manusia itu kalo jadi laptop, laptop yang kalo udah dinyalain cuma bisa di sleep/standby aja, sampe batrenya habis baru mati, atau ada kaecelakaan yang bikin batere rusak, baru mati.

sama ya kaya laptop, pasti ada 'aplikasi' di otak kita yang jalan pada saat bersamaan. ada aplikasi yang bekerja di background dan foreground. kalo prosesornya bagus dan RAMnya gede, kita bisa jalanin aplikasi yang loadnya gede pada saat yang bersamaan. kaya photoshop, illustrator, nonton DVD, microsoft word, pada saat bersamaan. tinggal switch window aja.

mungkin sebenernya gini kali ya? manusia tuh isinya 'aplikasi2' yang juga bisa jalan bersamaan. dan kenapa kadang muncul kehendak yang kontradiktif. pernah nemu kan kalo kita jalanin aplikasi ada mesej

"if you want to run this program, the following aplication must turn off first. or you have to reboot your computer. proceed now?"

ada keputusan2 yang harus kita buat yang sangat membutuhkan resource pikiran yang sangat besar, dan harus me-non-aktifkan pikiran kita yang lain. 

ada yang kadang berlawanan. contoh (umumnya di pengguna windows), kita install aplikasi bajakan, butuh crack, kalo ga, kita ga bisa install aplikasi itu secara full. tapi si antivirus mendeteksi crack itu sebagai virus/trojan/malware, dan harus dihapus. dan biasanya si antivirus nanya dulu ke kita "do you want to delete this object? or add exception". bahkan antivirus itu bisa kita setting dulu, kalo nemu objek yang diidentifikasikan berbahaya bisa langsung delete, atau bisa kita pilih konfirmasi dulu apa ngga ke kita.

kalo buat manusia, antivirusnya mungkin agama/norma/value dll kali ya?

kalo di laptop, update antivirusnya bisa kita set juga, mau autoupdate dalam jangka waktu tertentu, atau manual update, terserah kita kapan.

kalo manusia setting updatenya mungkin ada di (contoh) sholat 5 waktu kali ya? jadi databasenya selalu update. atau bisa juga terserah kita kapan kita mau update database 'positive-knowledge' kita.

kaya pengguna laptop, ada yang cuek aja sama antivirusnya. ada yang kalo udah kena virus baru kelabakan. ada juga yang baru denger kabar "eh virus ini bahaya banget!" padahal belum ngalamin data2nya rusak gara2 virus, tapi dia udah well prepared banget kalo2 nanti dia kena serangan virus ganas, paling ngga kemungkinan kerusakannya jadi lebih kecil.



oke, kembali ke masalah aplikasi, itu juga mungkin yang bikin orang itu bisa kaya punya banyak kepribadian kali ya? ketika aplikasi A yang sangat aktif, dan aplikasi lain bekerja di background, dia akan menunjukkan sikap2 A. begitu juga ketika aplikasi B yang paling aktif. dia akan menjdai B. dan seterusnya. 

hebat ya manusia itu. bisa membuat 'replika' dirinya dalam bentuk laptop/komputer.

btw...saya tipe user yang seperti apa ya???

No comments:

Post a Comment