05 February 2011

#3 Old School

#3 Old School
Malem ini sibuk ngurusin email, nyari2 aplikasi gmail yang cocok untuk BB, supaya bisa edit postingan lewat email dengan gampang. Berhubung di BB, emailnya ga bisa edit2 ganti font, ukuran huruf dll, gw coba2 nyari aplikasi gmail untuk BB yang kira2 bisa ngasi feature edit2 minimal seperti feature gmail standar lah.

Trus lagi utak atik email, tiba2 inget bapak yang pernah nanya, "Bud, gimana sih make email? Trus Facebook sama Twitter tuh buat apa sih?". Haaa, kalo inget jadi senyum2 kecil, inget 'kepolosan' si bapak dan ibu yang sangat gaptek. Gw juga masi inget gimana bapak minta tolong nyari2 alamat kantor2 kementrian, supaya dia bisa ngirim surat tertulis ke beberapa departemen untuk mencari sumbangan pembangunan pesantren yang sedang dia bantu bangun di Tegal sana.

Terharu sih, lebih tepatnya. Trus gw jadi mikir, coba2 inget lagi, kapan sih gw terakhir kali nerima surat yang bener2 surat dari seseorang teman atau sodara atau siapapun itu sekedar untuk menyapa? Atau kiriman kartu lebaran? Atau ucapan selamat ulang tahun lewat selembar kartu? Masi inget gak sih sensasinya ketika kita nerima surat dari seorang teman di luar kota?

Sensasi pas kita buka amplopnya? Liat tulisan tangan seseorang yang peduli sama kita? Liat gimana ada tulisan yang dicoret karena nulis lewat surat ga mungkin bisa pencet ctrl+z atau backspace untuk ngapus yang salah?

Zaman modern kaya sekarang, semua serba mudah, dan cepet. Tapi menurut gw ada yang kurang. Zaman modern seperti sekarang kurang menawarkan sebuah personalitas.

Memang sekarang hanya dalam hitungan detik, kita bisa menjangkau seorang teman melewati batas negara. Namun, tidakah kita rindu bau lem di amplop? Rindu rasanya memegang sebuah kertas robekan buku untuk dijadikan surat?

Terkadang gw merasa kangen saat2 zaman gw SD dulu. Pernah ikut kuis di majalah, demi dapet sebuah topi dari merk tertentu. Gw gunting kuponnya dan ke kantor pos untuk ngirim ditemenin pembantu gw, karena gw masi kecil saat itu.

Kantor pos. dan warna orangenya yang sangat khas. Apakah akan segera punah?

Personalitas dalam sebuah surat ataupun kartu ucapan. Apakah sekarang sensasi kulit kita menyentuh sebuah kertas surat akan dibatasi oleh layar ponsel atau komputer?

Gw inget pernah BBMan sama della, dan, hehe, kita sering banget bilang kita kangen. Dan tiap hari selalu ngasi emoticon kiss and hug...banyak banget. Dan suatu saat, kita bilang, "ga enak yah, deket, tapi dibatesin sama layar?" dan gw bilang "ga berasa ya emoticon itu, maunya beneran, hehe". Yup, kadang teknologi bikin kita berpikir 2 kali untuk bertemu sama seseorang. Padahal sampai sekarang, ga ada yang bisa menggantikan sensasi, ngeliat orang yang lo sayangin secara langsung, liat dia senyum, menyentuh kulit dia, atau mencium aroma dia. Ga ada.

Ada yang inget Karang Taruna? Yup, Group FB is the new Karang Taruna! Ha!

Secanggih apapun, semudah apapun, sepraktis apapun, manusia pada kodratnya tetap manusia. Berbeda jauh sama robot, mesin, HP ataupun komputer. Manusia tetap butuh merasakan keberadaan seseorang di dekatnya. Tetap perlu untuk merasa di dengarkan ketika marah dan mengeluh. Secanggih apapun, ada saat2 dimana kita lebih kangen sama permainan tak jongkok dan tak umpet, dibandingkan Point Blank atau DoTA.

Secanggih apapun, manusia tetap manusia. Selama di bawah kulitnya masih ada saraf2 perasa, dia tetap membutuhkan pelajaran tentang sentuhan.

Ada kata2 di salah satu buku koleksi gw 'iBeg Your Prada!' intinya kurang lebih seperti ini :

"ketika kamu sedang bertengkar sama pacar kamu nun jauh disana, kamu bisa banting HP kamu sampai rusak. Tapi tetap saja rasanya beda dibandingkan dengan mencubit dia sekeras-kerasnya!"


True. Can't agree no more. Nuff said. Period.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment