07 February 2011

#6 Neraca Ilmu

Bisa ga sih ilmu itu berkurang karena kita 'berpindah' ke ilmu yang lain?

Jawaban gw, ngga...ilmu itu ga berkurang (berdasarkan pengalaman gw).

Kenapa?

Ilustrasinya begini :
Misalnya si Budi mau mengadakan 'penelitian' kecil2an. Dia lagi nyoba ngebandingin ilmu snare sama quint dia. Dia pake neraca timbangan 2 lengan. Lengan kiri mewakili skill snare, lengan kanan, mewakili skill quint. Dan neraca tersebut dia taruh di atas timbangan elektronik lagi. Untuk mengukur berat keseluruhan neraca itu beserta seluruh bebannya. Cara dia menghitung, setiap dia mempelajari hal baru di snare, dia akan menambah batu kecil di lengan yang mewakili skill snare. Begitupun sebaliknya.

Dia berlatih selama kurang lebih setahun. 3 tahun. Tahun pertama dia belajar quint. 2 tahun berikutnya dia belajar snare. Setelah 3 tahun, dia mendapati lengan kiri neracanya lebih berat daripada lengan kiri neracanya. Karena dia menghabiskan waktu lebih lama di lengan kiri. Dia lebih banyak menambah batuan kecil di lengan kiri. Bukan lengan kanan.

Ilmu itu ga bakalan hilang. Kenapa?

Karena selama 3 tahun itu yang di lakukan Budi, di tahun pertama, dia menambah batu di lengan kanan. Di 2 tahun berikutnya dia menambah batu di lengan kiri.

dia bisa membuat lengan kiri lebih berat, karena dia lebih banyak menambah batu di situ. Bukan MENGURANGI batu di lengan kanan.

Ilmu bisa bertambah, tapi kecil kemungkinan untuk berkurang. Kecuali kita dengan sengaja mengurangi batunya di satu sisi, dan menambah batu di sisi lainnya.
Tapi menurut gw, walaupun batu di satu sisi dikurangin, serpihan2 batu itu akan masih tersisa. Gw percaya, ilmu ga akan bisa hilang seratus persen.

Sekarang kalo yang ditimbang per lengan, lengan kiri lebih berat daripada kanan.

Tapi kalau kita timbang neraca secara keseluruhan beserta seluruh bebannya. Gw yakin berat neraca itu setiap tahunnya selalu bertambah. Walaupun lengan yang satu lebih unggul dari lengan yang lain.

Karena neraca itulah yang menggambarkan keseluruhan ilmu kita. Sedangkan lengan neraca hanya menggambarkan bidang dari ilmu yang kita geluti.
Jangan takut kehilangan ilmu yang lama, kamu hanya perlu menambah batu lagi di lengan yang pernah kamu tinggalkan.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment