23 July 2010

Keluar Dari "Lapangan Display"

mungkin sekarang saya sedang berada di luar lapangan display...

saya melihat dari bangku penonton

saya mengamati kejadian2 yang ada di lapangan

saya mulai mengerti bentuk yang sebenarnya sedang dibuat

karena ketika kita berada di lapangan

kita tak akan pernah tahu bentuk yang sedang kita buat

kesalahan2 yang sedang kita buat

dress2 kita yang tak pernah lurus

maka kini ketika saya telah melangkah keluar dari lapangan

dan saya memperhatikan lagi chart yang di ulang2

saya mulai dapat memahami bentuk yang sedang terjadi

dengan lebih baik




ketika berada di lapangan, kita tak akan pernah tahu kesalahan2 yang kita buat, mungkin kita tahu, tapi sifatnya lebih subjektif. relatif. namun bagi orang di luar lapangan, mereka akan dapat melihat dengan lebih objektif, kecuali orang2 di luar lapangan ini memang hanya mau mencari-cari kesalahan saya di lapangan display.

inilah sebabnya kita terkadang harus bisa 'menarik' diri sementara dari masalah2 yang menimpa kita. ketika kita masih berada dalam masalah, kita cenderung melihat semua dengan subjektif. tapi ketika kita keluar sebentar, kita 'pause' dulu masalah itu, maka kita dapat melihat dengan kacamata yang baru, yang lebih objektif. kita diharapkan lebih mengerti sebenarnya apa penyebab munculnya masalah itu.

semoga semua selalu menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment